Tutorial download data MODIS

Ingin berbagi pengalaman saat masa-masa sulit cari tau cara download citra MODIS, khususnya data citra modis resolusi spasial 250m. MODIS atau kepanjangan dari Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer merupakan citra yang cukup populer saat ini, khususnya bagi para pengguna yang ingin melihat sebuah trend dari rona permukaan bumi dan atmosfernya, hal ini dikarenakan citra MODIS mempunyai resolusi temporal yang sangat bagus dan terdapat pada dua buah satelit yang berbeda waktu orbitnya. Berada pada satelit yang berbeda? Yup… citra MODIS atau sensor MODIS terdapat pada dua buah satelit yang berbeda yaitu satelit Aqua dan satelit Terra makanya siring disebut Aqua MODIS dan Terra MODIS. Data-data dari MODIS di manfaatkan untuk kepentingan kelautan misalnya untuk melihat sebaran klorofil-a di lautan, suhu permukaan air laut, kepentingan daratan misalnya untuk melihat trend tutupan lahan dan suhu permukaan lahan, sedangkan untuk kepntingan atmosfer seperti profil atmosfer dan sebaran awan.
MODIS memiliki 36 band/saluran dengan 3 jenis resolusi spasial yang berbeda yaitu 250m, 500m dan 1000m. Data-data dari MODIS disediakan gratis oleh NASA pada level 1 sampai level 3. adapun langkah-langkah untuk mendownload data modis adalah sebagai berikut (khsusnya jenis data 250m):
  1. buka website MODIS yaitu http://modis.gsfc.nasa.gov/
  2. selanjutkan klik “+DATA”
  3. klik “DATA PRODUCTS”
  4. karena data 250m masih level 1B, maka klik “MOD 02 – Level-1B Calibrated Geolocated Radiances”
  5. klik “LAADS” pada DAAC Description
  6. pilih “Terra MODIS” atau “Aqua MODIS”
  7. pilih “MOD02QKM – Level 1B Calibrated Radiances – 250m” pada Kotak Products
  8. Tetukan tanggal citra yang akan di download dengan cara mengisi box “Start Date and Time” dan “End Date and Time”
  9. pada spatial selection pilih coordinate system “Latitude/Longitude”
  10. pada coverage selection cek box “Day (Granulescontain day data only)”
  11. klik “search”
  12. maka akan muncul lembaran “Search for Level 1 and Atmosphere Products” yang berisi data-data yang akan di download. Pada lembaran ini harus di cek boxnya untuk menentukan data2 yang akan di download. Karena untuk menghemat waktu download, maka sebaiknya di lihat dulu citra2nya sehinga bisa di pilih citra2 yang perlu saja. Untuk melihat citra bisa dengan mengklik “+ view RGB”. Apabila ingin mengorder seluruh data maka klik “Select Offline Checkboxes”
  13. klik “Order Files Now”
  14. selanjutnya akan muncul lembaran baru lagi dan tulis alamat email sebagai tempat pengiriman link data-data yang disorder
  15. klik “Order”
  16. akan muncul lembaran “Order Results”
  17. Cek emailnya. Bila yang di order datanya cukup banyak, kemungkinan akan cukup lama juga email baru di balas.
Refensi :
http://mbojo.wordpress.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar